Saturday 23 July 2016

CARA MEMBUAT LOGO 3D DICOREL DRAW

Cara membuat objek 3D dengan Coreldraw bisa dilakukan dengan mudah meskipun ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Saya akan mempraktekkan cara membuat sebuah Objek 3D dengan text bertuliskan CTD yang merupakan brand blog saya saat ini, kepanjanagan dari Coreldraw Tutorial Design. Saya menggunakan tool yang sederhana yang sudah tertulis dan diposting di blog ini, diantaranya adalah Add perspective, Transparency, Extrude, Contour, Fountain dan pewarnaan objek.

TUTORIAL MEMBUAT OBJEK 3D

  • Saya akan mengetikkan tiga huruf CTD dengan font Bauhaus TC kemudian saya convert dengan menekan Ctrl+Q sehingga bisa saya perspektifkan. Setelah diconvert maka pilih menu Effect dan Add perspective. Ubah sesuai dengan gambar. 

Efek Perspective
  • Warnai huruf tersebut dengan yellow untuk mempermudah proses contour. Pilih efek contour dengan ketebalan sesuai keinginan dan pilih warna merah. Setelah berhasil pisakhan contour tersebut, dengan menekan Ctrl+K atau dengan mencari menu “Break Apart” pada menu “Arrange” kemudian giliran Extrude untuk mendapatkan hasil 3D.

Proses Contour dengan Contour Tool

Penggunaan Extrude


  • Saya ingin mendapatkan kesan emas mengkilap maka saya gunakan fountain fill untuk mewarnai CTD dengan warna emas. Perpaduannya warnanya adalah Gold, Banana Yellow, Light Yellow dan Chalk.

Pewarnaan untuk mendapatkan efek mengkilap


  • Lakukan hal yang sama untuk objek extrude dan juga contour akan tetapi menggunakan warna dominannya adalah merah. Satu tips untuk mendapatkan warna yang menarik ketika membuat objek 3D adalah memilih warna yang senada antara warna dominan dan warna pendukung. Contohnya adalah jika ingin menggunakan warna merah sebagai warna dominan maka gunakan warna merah gelap untuk daerah minim cahaya sedangkan untuk yang banyak cahaya menggunakan merah terang. Begitu seterusnya untuk warna lain.


Pewarnaan dengan fountain fill

  • Untuk medapatkan efek mengkilap maka tambahkan efek silau maka duplikat teks CTD kemudian pisahkan teks CTD copy tersebut dengan “Break Apart” atau Ctrl+K. Warnai putih sesuaikan tempatnya kemudian gunakan “Transparency” dengan tipe Linear tarik sesuai dengan contoh. Lakukan pula untuk huruf T dan juga D.


Efek mengkilap dengan penambahan transparency

  • Menambahkan bling-bling buat objek bulat kemudian tambahkan efek transparency dengan mode radial kemudian klik kode gelas yang ada di property bar. Muncul box pengaturan atur dalam color blend warna “from” adalah “Black” dan untuk warna “To” adalah warna “White”. Tempatkan efek bling tersebut ke tempat tempat yang dianggap banyak cahaya.


Efek silau akan lebih menguatkan objek 3D

  • Maka didapatkan objek 3D seperti ini.


Hasil 3D menggunakan Coreldraw
Cara membuat objek 3D dengan Coreldraw juga bisa digunakan menggunakan aplikasi vector ini tidak perlu menggunakan 3Dmax atau yang lain. Hasilnya juga memuaskan dan yang paling penting adalah bisa menghasilkan sesuai keinginan dan mengaturnya pun sangat mudah jika sewaktu-waktu kiranya kurang pas warna dominannya. Semoga bermanfaat.

sumber : http://www.coreldrawtutorialdesign.com/

0 comments:

Post a Comment